Peran Sosiologis Gereja Dalam Relasi Kehidupan Antar Umat Beragama Indonesia

  • arthur aritonang STT Cipanas
Keywords: Sociological Church, community, relegion, church

Abstract

Artikel yang berjudul “Peran Sosiologis Gereja di Indonesia” membahas mengenai bagaimana seharusnya gereja menyadari akan posisi dan perannya di tengah masyarakat. Sebab dewasa ini gereja-gereja di Indonesia sangat minim kesadarannya untuk mengamati fenomena sosiologis yang ada di luar gereja. gereja juga tidak bisa menolak kenyataan masyarakat yang pluralistik. Mengapa ini menjadi penting? Karena gereja mempunyai peranan penting dalam menjaga kestabilan politik di Indonesia serta gereja juga mempunyai tanggung jawab sosial atas republik ini. Karenanya tulisan ini akan lebih banyak tekanannya pada pembahasan mengenai kekristenan termasuk hubungan kekristenan dan Islam di Indonesia. Tulisan ini juga menyuguhkan secara objektif kesalahan-kesalahan yang pernah dilakukan oleh gereja dalam sejarah maupun di masa kini. Ini menjadi bahan untuk melakukan otokritik yang juga disertai dengan masukan yang konstruktif demi kebaikan masa depan gereja. Terakhir, bagaimana gereja harus menunjukkan kecintaannya terhadap Indonesia dengan cara merumukan teologi gereja yang bersifat keindonesiaan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aritonang, Jan Sihar. Berbagai Aliran di Dalam dan di Sekitar Gereja. Jakarta: BPK Gunung Mulia 2016.

_______. Perjumpaan Kristen dan Islam di Indonesia. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2005.

Daulay, Richard. Kristenisasi dan Islamisasi Umat Kristen dan Kebangkitan Islam Politik PadaEra Reformasi di Indonesia. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2014.

Daulay, Richard. Agama dan Politik di Indonesia Umat Kristen di Tengah Kebangkitan Islam. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2015.

Hale, Leonard. Diutus ke Dalam Dunia Menyelisik Teologi Abineno dan Kontribusinya bagi gereja-gereja di Indonesia. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2016.

Namsi, Andresius. Islam dan Teologi Kontekstual Alkitabiah. Jakarta: Yayasan Persekutuan Kristen Indonesia, 2017.

Noer, Deliar. The Modernist Muslim Movement in Indonesia 1900-1942. Oxford University Press, 1973.

Paimoen, Eddy. “Kompleksitas Hubungan Agama dan Kekerasan Pengalaman Kristen di Indonesia. ” Dalam Agama-agama Kekerasan dan Perdamaian. Jakarta: Bidang Marturia PGI, 2005.

Schumann, Olaf. “Agama-agama dan Rekonsiliasi”. Dalam Agama-agama dan Rekonsiliasi. Jakarta: Bidang Marturia PGI, 2005.

Siahaan, Hotma M. ”Agama dalam Konflik Sosial Politik di Indonesia.” Dalamgereja dan Reformasi Pembaruan Gereja Menuju Indonesia Baru. Jakarta: Yakoma-PGI, 1999.

Published
2019-12-16
How to Cite
aritonang, arthur. (2019). Peran Sosiologis Gereja Dalam Relasi Kehidupan Antar Umat Beragama Indonesia. Te Deum (Jurnal Teologi Dan Pengembangan Pelayanan), 9(1), 69-102. https://doi.org/10.51828/td.v9i1.9