Hikmat sebagai Soko Guru bagi Guru Pendidikan Agama Kristen Berdasarkan Sastra Hikmat dalam Perjanjian Lama

  • Noh Ibrahim Boiliu Universitas Kristen Indonesia, Jakarta, Indonesia

Abstract

Hikmat memegang peranan penting dalam kehidupan manusia, termasuk dalam konteks Pendidikan Agama Kristen. Artikel ini bertujuan untuk menggali konsep hikmat sebagai sokoguru bagi guru pendidikan agama Kristen berdasarkan kitab hikmat dalam Perjanjian Lama. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi pustaka untuk menganalisis berbagai ayat dan konsep hikmat dalam kitab hikmat, serta mengaitkannya dengan peran guru Pendidikan Agama Kristen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hikmat dapat menjadi pedoman bagi guru dalam mengajar dan membimbing siswa mereka. Hikmat yang diperoleh dari kitab Hikmat dalam Perjanjian Lama memberikan landasan moral dan spiritual yang kuat bagi guru dalam memengaruhi dan membimbing siswa mereka secara positif. Kesimpulannya, hikmat merupakan sokoguru yang memegang peranan krusial dalam Pendidikan Agama Kristen, dan memahami konsep hikmat dalam kitab Hikmat dapat meningkatkan efektivitas guru dalam membentuk karakter dan iman siswa mereka.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alisyah dan Riniwati. “Kompetensi Profesional Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Penguatan Profil Pancasila.” In Proceeding National Conference of Christian Education and Theology, Theme: Christian Education in National Education, 2024.

Andrianus Nababan. “Pemahaman Guru Pendidikan Agama Kristen Tentang Mempersembahkan Tubuh Roma 12:1-3.” Jurnal Teologi “Cultivation” 4, no. 1 (2020): 1–12.

Antwi, Emmanuel K.E., Isaac F. Adjei, and Joseph K. Asuming. “Understanding Wisdom in the Old Testament through Its Akan (Ghana) Parallels: Linkages and Disconnections*.” Old Testament Essays 33, no. 3 (2020): 408–27. https://doi.org/10.17159/2312-3621/2020/v33n3a4.

Backfish, Elizabeth H.P. “Biblical Wisdom as a Model for Christian Liberal Arts Education.” Christian Higher Education 18, no. 5 (2019): 382–96. https://doi.org/10.1080/15363759.2019.1579119.

Boiliu, Noh Ibrahim. “Educational Aspects in the Book of Deuteronomy.” Pharos Journal of Theology 104, no. 4 (2023): 1–10. https://doi.org/10.46222/pharosjot.04.42.

Boiliu, Noh Ibrahim, Aeron Frior Sihombing, Christina M. Samosir, and Fredy Simanjuntak. “Mengajarkan Pendidikan Karakter Melalui Matius 5:6-12.” Kurios 6, no. 1 (2020): 61. https://doi.org/10.30995/kur.v6i1.128.

Chrisna Mikhayani Barasa dan Minggus. “Pengaruh Pengajaran Pendidikan Agama Kristen Dan Spiritualitas Guru Agama Kristen Berdasarkan Titus 2:6-8 Terhadap Pertumbuhan Karakter Kristiani Siswa SMAN 1 Wamena.” Student Evangelical Journal Aiming at Theological Interpretation 1, no. 1 (2024): 1–17.

Dell, Katharine J. “Conclusion of the Book of Proverbs.” In The Theology of the Book of Proverbs, 189–92. Cambridge: Cambridge University Press, 2023.

———. “Solomon’s Wisdom and the Egyptian Connection.” In The Solomonic Corpus of “Wisdom” and Its Influence, 77–91. Oxford: Oxford University Press, 2020. https://doi.org/https://doi.org/10.1093/oso/9780198861560.003.0006.

Diana Rotua Silaban. “Peran Guru Pendidikan Agama Kristen Sebagai Konselor Bagi Perubahan Perilaku Remaja Kelas X-Xi Di Sma Negeri 48 Jakarta Timur.” REGULA FIDEI: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 3, no. 1 (2018): 22–44.

Doni A. “Pendidikan Agama Kristen Di Era Digital Ada Tantangan Dan Peluang.” Jurnal Pendidikan Agama Dan Teologi 2, no. 2 (2024): 196–210.

Elledge, C.D. “The Glory of Wisdom.” In Early Jewish Writings and New Testament Interpretation, 23–53. Oxford: Oxford University Press, 2023. https://doi.org/https://doi.org/10.1093/oso/9780190274580.001.0001.

Esti Regina Boiliu. “Penerapan Model Pembelajaran Dalam Pendidikan Agama KristenUntuk MeningkatkanMutu Belajar Peserta Didik.” REAL DIDACHE:Journal of Christian Education 2, no. 1 (2022): 61–72.

Groenewald, Alphonso. “Isaiah 1:2-3, Ethics and Wisdom. Isaiah 1:2-3 and the Song of Moses (Dt 32): Is Isaiah a Prophet like Moses?” HTS Teologiese Studies / Theological Studies 67, no. 1 (2011): 2–3. https://doi.org/10.4102/hts.v67i1.954.

Gunawan, Chandra. “Retribution in the Wisdom Literature.” The New Perspective in Theology and Religious Studies 1, no. 2 (2020): 64–74. https://doi.org/10.47900/nptrs.v1i2.20.

Hamersma, Harry. Pintu Masuk Ke Dunia Filsafat. Yogyakarta: Kanisius, 1981.

Hamilton Inbadas. “Indian Philosophical Foundations Of Spirituality At The End Of Life.” Mortality 23, no. 4 (2018): 320–333.

Handa, Manoj Chandra. “The Leading Wisdom Development Framework: An Integrated Roadmap for Cultivating a Sense of Purpose and Meaning.” Journal of Advanced Academics 34, no. 1 (2023). https://doi.org/10.1177/1932202X2211249.

Igor Grossmann and Justin P. Brienza. “The Strengths of Wisdom Provide Unique Contributions to Improved Leadership, Sustainability, Inequality, Gross National Happiness, and Civic Discourse in the Face of Contemporary World Problems.” Journal of Intelligence 6, no. 2 (2018): 1–17.

Joseph, Gyanvi Blay. “The Concept of the ‘Fear of God’ in the Wisdom Literature: Implication for Reformation of Society and National Development.” E-Journal of Religiuos and Theological Studies 1, no. 1 (2020): 69–79.

Judith Glück and Nic M. Weststrate. “The Wisdom Researchers and the Elephant: An Integrative Model of Wise Behavior.” Personality and Social Psychology Review 26, no. 4 (2022): 342 –374.

Juwinner Dedy Kasingku dan Mareike Seska Diana Lotulung. “Peran Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik.” Jurnal Educatio 10, no. 1 (2024): 331–39.

Muhammad Rijal Fadli. “Memahami Desain Metode Penelitian Kualitatif.” Humanika: Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum 21, no. 1 (2021): 33–54.

Nella Novianti Dakhi dan Sozawato Telaumbanua. “Panggilan Menjadi Pendidik Agama Kristen Yang Profesional Bagi Generasi Alpha.” HINENI: Jurnal Ilmiah Mahasiswa 3, no. 2 (2023): 60–70.

Philip Asura Nggada. “The Use of Old Testament Wisdom Literature In Practical Life: An African Reflection.” In Vasconselos, 149–57. Nigeria: Philip Asura Nggada Department of Religion and Philosophy Faculty of Arts, University of Jos, 2017. https://doi.org/10.2307/j.ctt1ffjfpc.21.

Syamsuddin dan Azlinda Azman. “Memahami Dimensi Spiritualitas Dalam Praktek Pekerjaan Sosial.” Sosio Informa 17, no. 2 (2012): 111–19.

Urbanus Rahangmetan, Grace N. Birahim, Hasia Mamonto, dan Seltina Dampi. “Kolaborasi Peran Orang Tua Dan Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Penguatan Karakter Kristiani Pada Siswa Di SMP Kristen Dumoga.” Tumou Tou Jurnal Ilmiah 11, no. 1 (2024): 48–55.

Zhen-Dong Wang, Yi-Meng Wang, Kang Li, Juan Shi, and Feng-Yan Wang. “The Comparison Of The Wisdom View In Chinese And Western Cultures.” Current Psychology (New Brunswick, N.J.) 41 (2022): 8032–8043.

Published
2024-12-29
How to Cite
Boiliu, N. I. (2024). Hikmat sebagai Soko Guru bagi Guru Pendidikan Agama Kristen Berdasarkan Sastra Hikmat dalam Perjanjian Lama. Te Deum (Jurnal Teologi Dan Pengembangan Pelayanan), 14(1), 135-155. https://doi.org/10.51828/td.v14i1.406