Implementasi model pembelajaran Pendidikan Agama Kristen masyarakat majemuk
Abstract
Penelitian ini menjelajahi pembelajaran inklusif di Sekolah Lapang Cirau Bogor untuk mengatasi tantangan kemajemukan di Indonesia. Menggunakan metode kualitatif deskriptif, hasil menunjukkan anggota Sekolah Lapang memahami pentingnya jiwa nasionalis dalam semangat Bhineka Tunggal Ika. SL PDIP Cariu Bogor, tanpa memandang status sosial, ras, atau keyakinan, menerapkan pembinaan spiritual dan karakter berbasis Pancasila. Meskipun belum merinci kurikulum, SL PDIP Cariu Bogor telah mengimplementasikan kerangka konseptual melalui pelatihan peternakan, perikanan, pertanian, dan budidaya jamur, bertujuan meningkatkan pengetahuan desa untuk mandiri ekonomi. Pendidikan multikultural di SL PDIP Cariu Bogor menjadi instrumen rekayasa sosial, membentuk sikap inklusif dan kesadaran multikultural, serta membangun kembali semangat kebangsaan, solidaritas, toleransi, dan kerjasama dalam masyarakat majemuk.
Downloads
References
Berlian, Nur, and Mursalim. Naskah/Materi Pengayaan Bahan Ajar Mulok Bidang Kebudayaan. Jakarta: Pusat Kebijakan Pendidikan dan Kebudayaan, 2015.
Boiliu, Esti R. “Pembelajaran PAK Di Era Digital: Sikap Inklusivisme Di Tengak Kemajemukan.” LUXNOS: Jurnal Sekolah Tinggi Pelita Dunia 7, no. 1 (2021): 77–89.
Department for Transport. Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional Tahun 2003, 2003.
Djaya, Iman Dian. “Kontribusi Pembelajaran PAK Terhadap Kerohanian Siswa SMPN 122 Jakarta Utara.” Jurnal Pendidikan Agama Kristen 11, no. 1 (2020): 55–56.
Groome, Thomas H. Christian Religious Education. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2015.
Hakh, Samuel Benyamin. Merangkai Kehidupan Bersama Yang Pluralis Dan Rukun. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2017.
Harmakaputra, H. A., Diredja, K., & Alexander, M., ed. Meretas Polarisasi Pendidikan Kristiani. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2021.
Knitter, Paul F. Satu Bumi Banyak Agama. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2015.
Pardede, Marioga, Selamat Karo-karo, and Eugenia Feberniat Waruwu. “Hubungan Penginjilan Dengan Pemuridan Menurut Matius 28: 28-20 Mahasiswa Pendidikan Agama Kristen Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Uda Medan Tahun 2020 Program Study.” Jurnal Pendidikan Religius 3, no. 1 (2021): 73–83.
Rantung, Djoys Anneke. Pendidikan Agama Kristen Dalam Masyarakat Majemuk. Yogyakarta: Lintang Aksara Books, 2017.
Saragih, Erman S. “Analisis Makna Teologis Ketuhanan Yang Maha Esa Dalam Konteks Pluralisme Agama Di Indonesia.” Jurnal Teologi 2, no. 1 (2017): 1–2.
Simatupang, Hasudugan, and dkk. Pengantar Pendidikan Agama Kristen. Yogyakarta: ANDI, 2020.
Sugiyono. Metode Penelitian Kualitatif. Edited by Sofia Yustiyani Suryandari. Bandung: Alfabeta, 2017.
Suzana, Yenny, and Imam Jayanto. Teori Belajar & Pembelajaran. Batu: Literasi Nusantara, 2021.
Tapung, Mantovanny Marianus. “Pendidikan Multikultural Dan Relevansinya Bagi Penguatan Nasionalisme Bangsa Indonesia.” Jurnal Wawasan Kesehatan 1, no. 1 (2016).
Widjaja, Fransiskus Irwan. “Pluralitas Dan Tantangan Misi : Kerangka Konseptual Untuk Pendidikan Agama.” Regula Fidei: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 4, no. 1 (2019): 1–13.
Widjaja, Fransiskus Irwan, and Noh Ibrahim Boiliu. Misi Dan Pluralitas Keyakinan Di Indonesia. Yogyakarta: Andi Offset, 2019.
Widjaja, Fransiskus Irwan, and M Th. “Misi Dan Pluralitas,” 2019, 136.
Yazidi, Akhmad. Memahami Model-Model Pembelajaran Dalam Kurikulum 2013 (The Understanding of Model of Teaching in Curriculum 2013), n.d.
Yewangoe, A. Allah Mengizinkan Manusia Mengalami Diri-Nya. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2018.
Yewangoe, Andreas A. Tidak Ada Negara Agama. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2015.
Zamakhsari, Ahmad. “Teologi Agama-Agama Tiopolgi Tripolar Eksklusivisme, Inklusivisme, Dan Kajian Pluralisme.” Jurnal Teologi Agama Dan Budaya 18, no. 1 (2020): 43.
Dunia 7, no. 1 (2021): 77–89.
Department for Transport. Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional Tahun 2003, 2003.
Djaya, Iman Dian. “Kontribusi Pembelajaran PAK Terhadap Kerohanian Siswa SMPN 122 Jakarta Utara.” Jurnal Pendidikan Agama Kristen 11, no. 1 (2020): 55–56.
Groome, Thomas H. Christian Religious Education. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2015.
Hakh, Samuel Benyamin. Merangkai Kehidupan Bersama Yang Pluralis Dan Rukun. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2017.
Harmakaputra, H. A., Diredja, K., & Alexander, M., ed. Meretas Polarisasi Pendidikan Kristiani. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2021.
Knitter, Paul F. Satu Bumi Banyak Agama. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2015.
Pardede, Marioga, Selamat Karo-karo, and Eugenia Feberniat Waruwu. “Hubungan Penginjilan Dengan Pemuridan Menurut Matius 28: 28-20 Mahasiswa Pendidikan Agama Kristen Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Uda Medan Tahun 2020 Program Study.” Jurnal Pendidikan Religius 3, no. 1 (2021): 73–83.
Rantung, Djoys Anneke. Pendidikan Agama Kristen Dalam Masyarakat Majemuk. Yogyakarta: Lintang Aksara Books, 2017.
Saragih, Erman S. “Analisis Makna Teologis Ketuhanan Yang Maha Esa Dalam Konteks Pluralisme Agama Di Indonesia.” Jurnal Teologi 2, no. 1 (2017): 1–2.
Simatupang, Hasudugan, and dkk. Pengantar Pendidikan Agama Kristen. Yogyakarta: ANDI, 2020.
Sugiyono. Metode Penelitian Kualitatif. Edited by Sofia Yustiyani Suryandari. Bandung: Alfabeta, 2017.
Suzana, Yenny, and Imam Jayanto. Teori Belajar & Pembelajaran. Batu: Literasi Nusantara, 2021.
Tapung, Mantovanny Marianus. “Pendidikan Multikultural Dan Relevansinya Bagi Penguatan Nasionalisme Bangsa Indonesia.” Jurnal Wawasan Kesehatan 1, no. 1 (2016).
Widjaja, Fransiskus Irwan. “Pluralitas Dan Tantangan Misi : Kerangka Konseptual Untuk Pendidikan Agama.” Regula Fidei: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 4, no. 1 (2019): 1–13.
Widjaja, Fransiskus Irwan, and Noh Ibrahim Boiliu. Misi Dan Pluralitas Keyakinan Di Indonesia. Yogyakarta: Andi Offset, 2019.
Widjaja, Fransiskus Irwan, and M Th. “Misi Dan Pluralitas,” 2019, 136.
Yazidi, Akhmad. Memahami Model-Model Pembelajaran Dalam Kurikulum 2013 (The Understanding of Model of Teaching in Curriculum 2013), n.d.
Yewangoe, A. Allah Mengizinkan Manusia Mengalami Diri-Nya. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2018.
Yewangoe, Andreas A. Tidak Ada Negara Agama. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2015.
Zamakhsari, Ahmad. “Teologi Agama-Agama Tiopolgi Tripolar Eksklusivisme, Inklusivisme, Dan Kajian Pluralisme.” Jurnal Teologi Agama Dan Budaya 18, no. 1 (2020): 43.
Copyright (c) 2023 Te Deum (Jurnal Teologi dan Pengembangan Pelayanan)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Examples of Creative Commons Licensing Notifications in the Copyright Notices
1. Proposed Policy for Journals That Offer Open Access
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
2. Proposed Policy for Journals That Offer Delayed Open Access
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication, with the work [SPECIFY PERIOD OF TIME] after publication simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).