Memahami manusia sebagai makhluk paradoksal dalam praktik Pendidikan Agama Kristen

  • Noh Ibrahim Boiliu Universitas Kristen Indonesia, Jakarta, Indonesia
  • Bernadetha Nadeak Universitas Kristen Indonesia, Jakarta, Indonesia

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan sifat paradoks manusia dalam praktik pendidikan. Manusia sebagai makhluk paradoksal adalah makhluk yang bebas namun bertanggung jawab, yang berarti bahwa manusia tidak hanya bergantung dan ada untuk dirinya sendiri, tetapi juga ada secara independen sambil terhubung atau bergantung pada orang lain. Hal ini menegaskan bahwa manusia adalah makhluk sosial. Kesadaran manusia sebagai makhluk sosial paradoks mempengaruhi pandangan mereka tentang hubungan antara manusia. Metode deskriptif analitis digunakan dalam menganalisis artikel untuk mensintesis dan menarik kesimpulan. Dalam kegiatan ini, baik guru dan murid memberi diri mereka untuk terlibat dan belajar bersama. Guru memberikan waktu, energi, dan kompetensinya, sementara murid memberikan diri mereka untuk diajarkan dan bersedia mengikuti petunjuk dan arahan guru. Kesadaran atas tanggung jawab peran dan tugas masing-masing membawa kehangatan ke dalam kegiatan belajar mengajar. Hal ini hanya dapat terjadi jika kedua belah pihak saling bergantung dan menyadarinya.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Noh Ibrahim Boiliu, Universitas Kristen Indonesia, Jakarta, Indonesia

menyelesaikan Sarjana Teologi (S.Th) dari STT Sangkakala Salatiga pada tahun 2004 dan Magister Teologi (M.Th) dari STT Berita Hidup Surakarta pada tahun 2007. Menyelesaikan Magister Pendidikan Agama Kristen (M.Pd) dari STT Berita Hidup Surakarta pada tahun 2019 dan Doktor Teologi (Dr.) dari STT Cipanas pada tahun 2021. Dosen Tetap Prodi Magister Pendidikan Agama Kristen, Universitas Kristen Indonesia dan juga mengajar di Prodi PAK, FKIP UKI, Jakarta.

Bernadetha Nadeak, Universitas Kristen Indonesia, Jakarta, Indonesia

aktif sebagai Dosen dengan jabatan akademik Profesor. Perguruan Tinggi tempatnya mengabdi adalah Universitas Kristen Indonesia.

References

Alexander, Jeffrey C. “The Prescience and Paradox of Erich Fromm: A Note on the Performative Contradictions of Critical Theory.” Thesis Eleven 165, no. 1 (2021): 3–9. https://doi.org/10.1177/07255136211032830.

Bagus, Lorens. Kamus Filsafat. Jakarta: Gramedia, 2007.

Bakker, Anton. Antropologi Metafisik. Yogyakarta: Kanisius, 2007.

Bertens, K. Etika. Jakarta: Gramedia, 1993.

Boiliu, Noh Ibrahim. Filsafat Pendidikan Kristen. Jakarta: UKI Press, 2020.

———. “Pragmatisme John Dewey Dalam Praktik.” Regula Fidei: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 8, no. 1 (2023): 1–9.

———. “Sumbangsih Filsafat Esensialisme Bagi Pendidikan Agama Kristen.” TE DEUM (Jurnal Teologi Dan Pengembangan Pelayanan) 4, no. 1 (2014): 25–48. https://doi.org/https://doi.org/10.51828/td.v4i1.75.

Boiliu, Noh Ibrahim, and Christina Metallica Samosir. “Manusia Sebagai Makhluk Moral Dalam Perspektif Teologia Pendidikan Johann Heinrich Pestalozzi.” Jurnal Dinamika Pendidikan 12, no. 3 (2019): 187–97.

Boiliu, Noh Ibrahim, Fransiskus Irwan Widjaja, Fibry Jati Nugroho, Harls Evan Siahaan, and Otiel Harefa. “Pendidikan Humanis Sebagai Pendekatan Pembelajaran Di Era Revolusi Industri 4.0.” In Sosial, Pendidikan Dan Agama Sebagai Pondasi Dalam Mewujudkan “Maju Bersama Kita Berjaya,” 741–58. Riau: Marpoyan Tujuh, 2020.

Boiliu, Noh, Christina Samosir, and Andreas Nugroho. “Human Value in the Disruption Era: Analysis of the Paulo Freire Education Philosophy and Genesis 1:26,27,” 2020. https://doi.org/10.4108/eai.11-12-2019.2302086.

Cathrin, Shely. “Teknologi Dan Masa Depan Otonomi Manusia: Sebuah Kajian Filsafat Manusia.” Jurnal Foundasia X, no. 1 (2019): 35–50.

Edwards, Paul, ed. The Encyclopedia of Philosophy. 7th ed. New York: Macmillan Publishing Co., Inc. & the Free Press, 1967.

Friedman, Maurice S. Martin Buber: The Life of Dialogue. Chicago: The University of Chicago Press, 1956.

Fromm, Erich. The Art of Loving. New York: Harper Perennial Modern Classics, 1956.

Groome, Thomas H. Pendidikan Agama Kristen: Berbagi Cerita Dan Visi Kita. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2011.

Hardiman, F. Budi. Heidegger Dan Mistik Keseharian: Suatu Pengantar Menuju Sein Und Seit. Jakarta: Kepustakaan Populer Gramedia, 2016.

Hasugian, J. W. “Relasi Guru-Siswa: Pendekatan Christ Centered Sebagai Solusi Dalam Perubahan Perilaku Belajar Di Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Teologi Berita Hidup 4, no. 1 (2021): 47–51.

Huijbers, Theo. Mencari Allah: Pengantar Ke Dalam Filsafat Ketuhanan. Yogyakarta: Kanisius, 1992.

Leahy, Louis. Siapakah Manusia?: Sintesis Filosofis Tentang Manusia. Yogyakarta: Kanisius, 2016.

Morgan, W. J., and Alexandre Guilherme. “I and Thou: The Educational Lessons of Martin Buber’s Dialogue With the Conflicts of His Times.” Educational Philosophy and Theory 44, no. 9 (2012): 979–96. https://doi.org/10.1111/j.1469-5812.2010.00681.x.

Nadeak, Bernadetha. “Pendidikan Multikultural Menuju Pendidikan Yang Humanis.” Tarutung: Sekolah Tinggi Agama Kristen Protestan Negeri Tarutung, 2014.

Nadeak, Bernadetha, Citra Puspa Juwita, Elferida Sormin, and Lamhot Naibaho. “Hubungan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Dengan Penggunaan Media Sosial Terhadap Capaian Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Konseling Dan Pendidikan 8, no. 2 (2020): 98–104. https://doi.org/10.29210/146600.

Peursen, C.A van. Strategi Kebudayaan. Yogyakarta: Kanisius, 1980.

Pramudya, Wahyu. “Mengenal Mengenal Filsafat Pendidikan Paulo Freire : Antara Banking Concept of Education, Problem Posing Method, Dan Pendidikan Kristen Di Indonesia.” Veritas: Jurnal Teologi Dan Pelayanan 2, no. 2 (2001): 259–70.

Prasetyono, Emanuel. “Manusia, Ilmu Pengetahuan Dan Kesadaran Diri.” Jurnal Orientasi Baru 22, no. 2 (2013): 187–205.

Purwosaputro, Supriyono, and Agus Sutono. “Filsafat Manusia Sebagai Landasan Pendidikan Humanis.” Jurnal Ilmiah CIVIS X, no. 1 (2021): 27–44.

Salim, Peter, Salim Yenny. Kamus Bahasa Indonesia Kontemporer. 1st ed. Jakarta: Modern English Press, 1991.

Snijders, Adelbert. Antropologi Filsafat: Manusia, Paradoks Dan Seruan. Yogyakarta: Kanisius, 2014.

Tjaya, Thomas Hidya. Kierkegaard Dan Pergulatan Menjadi Diri Sendiri. Jakarta: Kepustakaan Populer Gramedia, 2018.

Veugelers, W. “Linking Autonomy and Humanity.” In Education and Humanism, 1–7. Rotterdam: Sense Publishers, 2011.

Wehmeir, Sally, ed. Oxford Advenced Learner’s Dictionary. 7th ed. Oxford: Oxford University Press, 2005.

Published
2023-06-30
How to Cite
Boiliu, N. I., & Nadeak, B. (2023). Memahami manusia sebagai makhluk paradoksal dalam praktik Pendidikan Agama Kristen . Te Deum (Jurnal Teologi Dan Pengembangan Pelayanan), 12(2), 313-333. https://doi.org/10.51828/td.v12i2.209