Memahami manusia sebagai makhluk paradoksal dalam praktik Pendidikan Agama Kristen
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan sifat paradoks manusia dalam praktik pendidikan. Manusia sebagai makhluk paradoksal adalah makhluk yang bebas namun bertanggung jawab, yang berarti bahwa manusia tidak hanya bergantung dan ada untuk dirinya sendiri, tetapi juga ada secara independen sambil terhubung atau bergantung pada orang lain. Hal ini menegaskan bahwa manusia adalah makhluk sosial. Kesadaran manusia sebagai makhluk sosial paradoks mempengaruhi pandangan mereka tentang hubungan antara manusia. Metode deskriptif analitis digunakan dalam menganalisis artikel untuk mensintesis dan menarik kesimpulan. Dalam kegiatan ini, baik guru dan murid memberi diri mereka untuk terlibat dan belajar bersama. Guru memberikan waktu, energi, dan kompetensinya, sementara murid memberikan diri mereka untuk diajarkan dan bersedia mengikuti petunjuk dan arahan guru. Kesadaran atas tanggung jawab peran dan tugas masing-masing membawa kehangatan ke dalam kegiatan belajar mengajar. Hal ini hanya dapat terjadi jika kedua belah pihak saling bergantung dan menyadarinya.
Downloads
References
Alexander, Jeffrey C. “The Prescience and Paradox of Erich Fromm: A Note on the Performative Contradictions of Critical Theory.” Thesis Eleven 165, no. 1 (2021): 3–9. https://doi.org/10.1177/07255136211032830.
Bagus, Lorens. Kamus Filsafat. Jakarta: Gramedia, 2007.
Bakker, Anton. Antropologi Metafisik. Yogyakarta: Kanisius, 2007.
Bertens, K. Etika. Jakarta: Gramedia, 1993.
Boiliu, Noh Ibrahim. Filsafat Pendidikan Kristen. Jakarta: UKI Press, 2020.
———. “Pragmatisme John Dewey Dalam Praktik.” Regula Fidei: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 8, no. 1 (2023): 1–9.
———. “Sumbangsih Filsafat Esensialisme Bagi Pendidikan Agama Kristen.” TE DEUM (Jurnal Teologi Dan Pengembangan Pelayanan) 4, no. 1 (2014): 25–48. https://doi.org/https://doi.org/10.51828/td.v4i1.75.
Boiliu, Noh Ibrahim, and Christina Metallica Samosir. “Manusia Sebagai Makhluk Moral Dalam Perspektif Teologia Pendidikan Johann Heinrich Pestalozzi.” Jurnal Dinamika Pendidikan 12, no. 3 (2019): 187–97.
Boiliu, Noh Ibrahim, Fransiskus Irwan Widjaja, Fibry Jati Nugroho, Harls Evan Siahaan, and Otiel Harefa. “Pendidikan Humanis Sebagai Pendekatan Pembelajaran Di Era Revolusi Industri 4.0.” In Sosial, Pendidikan Dan Agama Sebagai Pondasi Dalam Mewujudkan “Maju Bersama Kita Berjaya,” 741–58. Riau: Marpoyan Tujuh, 2020.
Boiliu, Noh, Christina Samosir, and Andreas Nugroho. “Human Value in the Disruption Era: Analysis of the Paulo Freire Education Philosophy and Genesis 1:26,27,” 2020. https://doi.org/10.4108/eai.11-12-2019.2302086.
Cathrin, Shely. “Teknologi Dan Masa Depan Otonomi Manusia: Sebuah Kajian Filsafat Manusia.” Jurnal Foundasia X, no. 1 (2019): 35–50.
Edwards, Paul, ed. The Encyclopedia of Philosophy. 7th ed. New York: Macmillan Publishing Co., Inc. & the Free Press, 1967.
Friedman, Maurice S. Martin Buber: The Life of Dialogue. Chicago: The University of Chicago Press, 1956.
Fromm, Erich. The Art of Loving. New York: Harper Perennial Modern Classics, 1956.
Groome, Thomas H. Pendidikan Agama Kristen: Berbagi Cerita Dan Visi Kita. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2011.
Hardiman, F. Budi. Heidegger Dan Mistik Keseharian: Suatu Pengantar Menuju Sein Und Seit. Jakarta: Kepustakaan Populer Gramedia, 2016.
Hasugian, J. W. “Relasi Guru-Siswa: Pendekatan Christ Centered Sebagai Solusi Dalam Perubahan Perilaku Belajar Di Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Teologi Berita Hidup 4, no. 1 (2021): 47–51.
Huijbers, Theo. Mencari Allah: Pengantar Ke Dalam Filsafat Ketuhanan. Yogyakarta: Kanisius, 1992.
Leahy, Louis. Siapakah Manusia?: Sintesis Filosofis Tentang Manusia. Yogyakarta: Kanisius, 2016.
Morgan, W. J., and Alexandre Guilherme. “I and Thou: The Educational Lessons of Martin Buber’s Dialogue With the Conflicts of His Times.” Educational Philosophy and Theory 44, no. 9 (2012): 979–96. https://doi.org/10.1111/j.1469-5812.2010.00681.x.
Nadeak, Bernadetha. “Pendidikan Multikultural Menuju Pendidikan Yang Humanis.” Tarutung: Sekolah Tinggi Agama Kristen Protestan Negeri Tarutung, 2014.
Nadeak, Bernadetha, Citra Puspa Juwita, Elferida Sormin, and Lamhot Naibaho. “Hubungan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Dengan Penggunaan Media Sosial Terhadap Capaian Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Konseling Dan Pendidikan 8, no. 2 (2020): 98–104. https://doi.org/10.29210/146600.
Peursen, C.A van. Strategi Kebudayaan. Yogyakarta: Kanisius, 1980.
Pramudya, Wahyu. “Mengenal Mengenal Filsafat Pendidikan Paulo Freire : Antara Banking Concept of Education, Problem Posing Method, Dan Pendidikan Kristen Di Indonesia.” Veritas: Jurnal Teologi Dan Pelayanan 2, no. 2 (2001): 259–70.
Prasetyono, Emanuel. “Manusia, Ilmu Pengetahuan Dan Kesadaran Diri.” Jurnal Orientasi Baru 22, no. 2 (2013): 187–205.
Purwosaputro, Supriyono, and Agus Sutono. “Filsafat Manusia Sebagai Landasan Pendidikan Humanis.” Jurnal Ilmiah CIVIS X, no. 1 (2021): 27–44.
Salim, Peter, Salim Yenny. Kamus Bahasa Indonesia Kontemporer. 1st ed. Jakarta: Modern English Press, 1991.
Snijders, Adelbert. Antropologi Filsafat: Manusia, Paradoks Dan Seruan. Yogyakarta: Kanisius, 2014.
Tjaya, Thomas Hidya. Kierkegaard Dan Pergulatan Menjadi Diri Sendiri. Jakarta: Kepustakaan Populer Gramedia, 2018.
Veugelers, W. “Linking Autonomy and Humanity.” In Education and Humanism, 1–7. Rotterdam: Sense Publishers, 2011.
Wehmeir, Sally, ed. Oxford Advenced Learner’s Dictionary. 7th ed. Oxford: Oxford University Press, 2005.
Copyright (c) 2023 Te Deum (Jurnal Teologi dan Pengembangan Pelayanan)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Examples of Creative Commons Licensing Notifications in the Copyright Notices
1. Proposed Policy for Journals That Offer Open Access
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
2. Proposed Policy for Journals That Offer Delayed Open Access
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication, with the work [SPECIFY PERIOD OF TIME] after publication simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).