Mari Kawan, Kita Bersahabat

Makna Sahabat dalam Amsal 17:17

  • Aseng Yulias Samongilailai Sekolah Kristen Ketapang 1, Jakarta

Abstract

Amsal 17:17 merekam dengan baik tentang seorang sahabat yang sangat mengagumkan dan tulisan ini bertujuan untuk menemukan makna dibalik teks tersebut. Dalam kerangka itu tulisan ini juga memuat upaya reinterpretasi terhadap kata צרה yang oleh Lembaga Alkitab Indonesia  diterjemahkan sebagai “kesukaran”. Pendekatan yang digunakan dalam tulisan ini adalah historical background dan grammatical analysis. Melalui kedua pendekatan tersebut penulis menemukan makna dari figur seorang sahabat menurut Amsal 17:17 yakni sahabat adalah ia yang ikut terjun merasakan kemalangan atau situasi yang sangat sulit dari sahabatnya namun pada saat yang sama ia juga mengalami kesulitan dalam dirinya karena cintanya kepada sang sahabatnya, ia bergumul tentang bagaimana ia sendiri akan menempatkan dirinya (melahirkan dirinya) bak seorang saudara bagi sahabatnya. Temuan berikutnya, dari hasil penelusuran terhadap kata “kesukaran” yang berangkat dari kata צרה penulis mengusulkan agar sebaiknya diterjemahkan dengan kata “kemalangan” atau “kesengsaraan” atau tetap pada arti “kesukaran” namun dengan sense “kemalangan” atau “kesengsaraan”.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Benton, Richard C. ‘Semantic Category and Situation Aspect in the Biblical Hebrew Niphal AndHitpael’. Brill’s Journal of Afroasiatic Languages and Linguistics, 2020. https://doi.org/10.1163/18776930-20201000.

Bühlmann, Alain. ‘Sprüche’. In Einleitung in Das Alte Testament Die Bücher Der Hebräischen Bibel Und Die Alttestamentlichen Schriften Der Katholischen, Protestantischen Und Orthodoxen Kirchen, edited by Thomas Römer, Jean-Daniel Macchi, and Christophe Nihan. Zürich: Theologischer Verlag Zürich, 2013.

Dietrich, Walter, Hans-Peter Mathys, Thomas Römer, and Rudolf Smend. Die Entstehung Des Alten Testaments. Theologische Wissenschaft. Stuttgart: Verlag W. Kohlhammer, 2014.

Fox, Michael V. Proverbs: A New Translation with Introduction and Commentary. New Haven & London: Yale University Press, 2009.

Green, David E. A Concise Hebrew and Aramaic Lexicon of the Old Testament – Based upon the Lexical Work of Ludwig Koehler and Walter Baumgartner. Grand Rapids: Eerdmans, 1988.

Harris, R. Laird, Archer, Gleason L, and Waltke, Bruce K. Theological Wordbook of the Old Testament. Chicago: Moody Press, 1980.

Horne, Milton P. Proverbs-Ecclesiastes. Smyth & Helwys Bible Commentary. Macon, Georgia: Smyth & Helwys Publishing, 2003.

Joüon, Paul and Muraoka, Takamitsu. A Grammar of Biblical Hebrew: Third Reprint of the Second Edition, with Corrections. Subsidia Biblica 27. Roma: Gregorian & Biblical Press, 2011.

Keefer, Arthur. ‘A Shift in Perspective: The Intended Audience and a Coherent Reading of Proverbs 1:1-7’. Journal of Biblical Literature 136, no. 1 (2017). http://dx.doi.org/10.15699/jbl.1361.2017.170938.

Kellermann. ‘Rēaʿ’’. In Theological Dictionary of the Old Testament, edited by G. Johannes Botterweck, Heinz-Josef Fabry, Helmer Ringgren, John T. Willis, Geoffrey W. Bromiley, and David E. Green. Vol. XIII. Grand Rapids: Eerdmans, 2004.

Miller, John W. Proverbs. Believer Church Bible Commentary. Scottdale: Herald Press, 2004.

Mor, Uri. ‘The Verbal Noun of the Qal Stem in Rabbinic Hebrew Traditions and Qěṭēlâ/Qěṭîlâ Alternations’. Journal of Jewish Studies 66, no. 1 (2015). https://doi.org/10.18647/3212/JJS-2015.

Murphy, Roland E, and Carm, O. Wisdom Literature: Job, Proverbs, Ruth, Canticles, Ecclesiates, and Esther. Grand Rapids: Eerdmans, 1981.

Osborne, Grant R. The Hermeneutical Spiral: A Comprehensive Introduction to Biblical Interpretation. Downers Grove, Illinois: InterVarsity, 1991.

Price, J.H. ‘The Biblical Hebrew Feminine Singular Qal Participle: A Historical Reconstruction’. Journal of Hebrew Scriptures 140 (2014). https://doi.org/10.5508/jhs.2014.v14.a9.

Römer, Thomas. ‘Die Weisheitliche Literatur’. In Einleitung in Das Alte Testament: Die Bücher Der Hebräischen Bibel Und Die Alttestamentlichen Schriften Der Katholischen, Protestantischen Und Orthodoxen Kirchen, edited by Thomas Römer, Jean-Daniel Macchi, and Christophe Nihan. Zürich: Theologischer Verlag Zürich, 2013.

Sæbø, Magne. ‘A Traditio-Historical Approach to the Book of Proverbs’. Scandinavian Journal of the Old Testament 27, no. 1 (2013): 53–63. https://doi.org/10.1080/09018328.2013.764686.

Samongilailai, Aseng Yulias. ‘Ibadah Dan Keadilan-Kebenaran (Amos 5:21-24)’. Te Deum: Jurnal Teologi Dan Pengembangan Pelayanan 9, no. 2 (2020): 193–213.

———. ‘Studi Gramatikal Galatia 2:11-14: Patutkah Menegur Pemimpin Rohani?’ Dunamis: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristiani 4, no. 2 (April 2020): 183–206. https://doi.org/10.30648/dun.v4i2.254.

Santoso, Agus. Satu Iota Tak Akan Ditiadakan: Pengantar Ke Dalam Perjanjian Lama. Cipanas: STT Cipanas Press, 2014.

Stewart, Anne W. ‘Wisdom’s Imagination: Moral Reasoning and the Book of Proverbs’. Journal for the Study of the Old Testament 40, no. 3 (2016). https://doi.org/10.1177/0309089215611542.

Wolde, Ellen van. ‘The Niphal as Middle Voice and Its Consequence for Meaning’. Journal for the Study of the Old Testament 43, no. 3 (2019). https://doi.org/10.1177/0309089217743160.

Zabán, Bálint Károly. The Pillar Function of the Speeches of Wisdom: Proverbs 1:20-33, 8:1-36; and 9:1-6 in the Structural Framework of Proverbs 1-9. Beihefte Zur Zeitschrift Für Die Alttestamentliche Wissenschaft. Berlin, Germany: Walter de Gruyter, 2012.

Published
2021-06-25
How to Cite
Samongilailai, A. Y. (2021). Mari Kawan, Kita Bersahabat. TE DEUM (Jurnal Teologi Dan Pengembangan Pelayanan), 10(2), 161-179. https://doi.org/10.51828/td.v10i2.36