Hubungan pembelajaran pendidikan agama Kristen dengan teknologi pendidikan
Abstract
Tujuan pembahasan artikel ini adalah untuk memberikan penjelasan yang rinci tentang hubungan pembelajaran PAK dan teknologi Pendidikan. Metode penelitian yang digunakan penulis adalah metode penelitian literatur dimana penulis mengumpulkan berbagai literatur atau sumber sumber pustaka untuk menganalisis hal hal yang berhubungan dengan materi tentang pembelajaran PAK dan teknologi pendidikan. Pembelajaran PAK adalah interaksi antara guru dan peserta didik yang terjadi secara langsung maupun tidak langsung dengan memanfaatkan media pembelajaran. Teknologi pendidikan adalah alat atau sarana yang digunakan dalam dunia pendidikan untuk mencapai tujuan pendidikan yang sudah ditetapkan. Hasil analisis artikel ini menjelaskan bahwa teknologi pendidikan sangat diperlukan dalam pembelajaran PAK karena secara nyata teknologi pendidikan telah memberikan manfaat yang sangat besar dalam meningkatkan mutu pembelajaran PAK.
Downloads
References
Benny, A. Pribadi. Pribadi Benny A, Media Dan Teknologi Pembelajaran. Jakarta: Kencana, 2017.
Boiliu, Noh Ibrahim. Filsafat Pendidikan Kristen. Jakarta: UKI Press, 2017.
Boiliu, Noh Ibrahim, and Harun Y. Natonis. Pengantar Pendidikan Agama Kristen. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2021.
Boiliu, Noh Ibrahim, and Christina Metallica Samosir. “Manusia Sebagai Makhluk Moral Dalam Perspektif Teologia Pendidikan Johann Heinrich Pestalozzi.” Jurnal Dinamika Pendidikan 12, no. 3 (2019): 187–197. http://ejournal.uki.ac.id/index.php/jdp/article/view/1297.
Boiliu, Noh Ibrahim, Aeron Frior Sihombing, Christina M Samosir, and Fredy Simanjuntak. “Mengajarkan Pendidikan Karakter Melalui Matius 5 : 6-12.” Kurios: Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen 1, no. May (2020): 6–12.
Boiliu, Noh Ibrahim, Fransiskus Irwan Widjaja, Fibry Jati Nugroho, Harls Evan Siahaan, and Otieli O Harefa. “Pendididkan Humanis Sebagai Pendekatan Pembelajaran Di Era Revolusi Industri 4.0.” In Sosial, Pendidikan Dan Agama Sebagai Pondasi Dalam Mewujudkan “Maju Bersama Kita Berjaya,” 741–758. Riau: Marpoyan Tujuh, 2020.
Boiliu, Noh, Christina Samosir, and Andreas Nugroho. “Human Value in the Disruption Era: Analysis of the Paulo Freire Education Philosophy and Genesis 1:26,27” (2020).
Elihami, E., and A. Saharuddin. “Peran Teknologi Pembelajaran Islam Dalam Organisasi Belajar Volume.” Edumaspul :Jurnal Pendidikan 1, no. 1 (2017): 1–8.
Erwinsyah, Alfian. “Pemahaman Mengenai Teknologi Pendidikan Dalam Peningkatan Pembelajaran.” Jurnal Manajemen Pendidikan Islam2 5, no. 1 (2017): 69–84.
Freire, Paulo. Pendidikan Kaum Tertindas. Jakarta: LP3ES, 1991.
Graendorf, Werner C. Werner C Graendorf, Introduction To Biblical Christian Education. Chicago: Moody Press, 1981.
Haryanto. Teknologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press, 2015.
Mahmud, Muhammad Eka. Teknologi Pendidikan : Konsep Dasar Dan Aplikasi. Banjarmasin: Mulawarman University Press, 2020.
Martono, Eko. Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Eko Martono, Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen. Yogyakarta: Pohon Cahaya, 2015.
Pane, Aprida. “Belajar Dan Pembelajaran.” Jurnal Fitrah 3, no. 2 (2017).
Pazmino, Robert W. Fondasi Pendidikan Kristen. 1st ed. Bandung-Jakarta: STT Bandung-BPK Gunung Mulia, 2012.
Rusman. Belajar & Pembelajaran : Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana, 2017.
Sujatmiko, Eko. Kamus Teknologi Informasi Dan Komunikasi. Jakarta: Aksara Sinergi Media, 2012.
Susanto, Ahmad. Teori Belajar & Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana, 2015.
Wyckoff, Campbell D. Theory And Design of Christian Education Curriculum. Philadelphia: Westminster Press, 1961.
Yaumi, Muhammad. Media & Teknologi Pembelajaran, Media & Teknologi Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media Group, 2018.
Zabir, Azhari. Pengaruh Pemanfaatan Teknologi Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Siswa SMPN 1 Lanrisang Kabupaten Pinrang. Makasar: Universitas Negeri Makassar, 2018.
Copyright (c) 2022 TE DEUM (Jurnal Teologi dan Pengembangan Pelayanan)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Examples of Creative Commons Licensing Notifications in the Copyright Notices
1. Proposed Policy for Journals That Offer Open Access
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
2. Proposed Policy for Journals That Offer Delayed Open Access
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication, with the work [SPECIFY PERIOD OF TIME] after publication simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).