Hubungan pembelajaran pendidikan agama Kristen dengan teknologi pendidikan

  • Nova Jelly Rungkat Universitas Kristen Indonesia, Jakarta
  • Noh Ibrahim Boiliu Universitas Kristen Indonesia, Jakarta
  • Djoys Aneke Rantung Universitas Kristen Indonesia, Jakarta
  • Pricylia Elviera Rondo Universitas Kristen Indonesia, Jakarta
Keywords: learning technology, education, Christian religious

Abstract

Tujuan pembahasan artikel ini adalah untuk memberikan penjelasan yang rinci tentang hubungan pembelajaran PAK dan teknologi Pendidikan. Metode penelitian yang digunakan penulis adalah metode penelitian literatur dimana penulis mengumpulkan berbagai literatur atau sumber sumber pustaka untuk menganalisis hal hal yang berhubungan dengan materi tentang pembelajaran PAK dan teknologi pendidikan. Pembelajaran PAK adalah interaksi antara guru dan peserta didik yang terjadi secara langsung maupun tidak langsung dengan memanfaatkan media pembelajaran. Teknologi pendidikan adalah alat atau sarana yang digunakan dalam dunia pendidikan untuk mencapai tujuan pendidikan yang sudah ditetapkan. Hasil analisis artikel ini menjelaskan bahwa teknologi pendidikan sangat diperlukan dalam pembelajaran PAK karena secara nyata teknologi pendidikan telah memberikan manfaat yang sangat besar dalam meningkatkan mutu pembelajaran PAK.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Noh Ibrahim Boiliu, Universitas Kristen Indonesia, Jakarta

Menyelesaikan Sarjana Teologi (S.Th) dari STT Sangkakala Salatiga pada tahun 2004 dan Magister Teologi (M.Th) dari STT Berita Hidup Surakarta pada tahun 2007. Menyelesaikan Magister Pendidikan Agama Kristen (M.Pd) dari STT Berita Hidup Surakarta pada tahun 2019 dan Doktor Teologi (Dr.) dari STT Cipanas pada tahun 2021. Dosen tetap Prodi Magister Pendidikan Agama Kristen, Universitas Kristen Indonesia dan juga mengajar di Prodi PAK, FKIN UKI, Jakarta.

References

Benny, A. Pribadi. Pribadi Benny A, Media Dan Teknologi Pembelajaran. Jakarta: Kencana, 2017.

Boiliu, Noh Ibrahim. Filsafat Pendidikan Kristen. Jakarta: UKI Press, 2017.

Boiliu, Noh Ibrahim, and Harun Y. Natonis. Pengantar Pendidikan Agama Kristen. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2021.

Boiliu, Noh Ibrahim, and Christina Metallica Samosir. “Manusia Sebagai Makhluk Moral Dalam Perspektif Teologia Pendidikan Johann Heinrich Pestalozzi.” Jurnal Dinamika Pendidikan 12, no. 3 (2019): 187–197. http://ejournal.uki.ac.id/index.php/jdp/article/view/1297.

Boiliu, Noh Ibrahim, Aeron Frior Sihombing, Christina M Samosir, and Fredy Simanjuntak. “Mengajarkan Pendidikan Karakter Melalui Matius 5 : 6-12.” Kurios: Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen 1, no. May (2020): 6–12.

Boiliu, Noh Ibrahim, Fransiskus Irwan Widjaja, Fibry Jati Nugroho, Harls Evan Siahaan, and Otieli O Harefa. “Pendididkan Humanis Sebagai Pendekatan Pembelajaran Di Era Revolusi Industri 4.0.” In Sosial, Pendidikan Dan Agama Sebagai Pondasi Dalam Mewujudkan “Maju Bersama Kita Berjaya,” 741–758. Riau: Marpoyan Tujuh, 2020.

Boiliu, Noh, Christina Samosir, and Andreas Nugroho. “Human Value in the Disruption Era: Analysis of the Paulo Freire Education Philosophy and Genesis 1:26,27” (2020).

Elihami, E., and A. Saharuddin. “Peran Teknologi Pembelajaran Islam Dalam Organisasi Belajar Volume.” Edumaspul :Jurnal Pendidikan 1, no. 1 (2017): 1–8.

Erwinsyah, Alfian. “Pemahaman Mengenai Teknologi Pendidikan Dalam Peningkatan Pembelajaran.” Jurnal Manajemen Pendidikan Islam2 5, no. 1 (2017): 69–84.

Freire, Paulo. Pendidikan Kaum Tertindas. Jakarta: LP3ES, 1991.

Graendorf, Werner C. Werner C Graendorf, Introduction To Biblical Christian Education. Chicago: Moody Press, 1981.

Haryanto. Teknologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press, 2015.

Mahmud, Muhammad Eka. Teknologi Pendidikan : Konsep Dasar Dan Aplikasi. Banjarmasin: Mulawarman University Press, 2020.

Martono, Eko. Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Eko Martono, Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen. Yogyakarta: Pohon Cahaya, 2015.

Pane, Aprida. “Belajar Dan Pembelajaran.” Jurnal Fitrah 3, no. 2 (2017).

Pazmino, Robert W. Fondasi Pendidikan Kristen. 1st ed. Bandung-Jakarta: STT Bandung-BPK Gunung Mulia, 2012.

Rusman. Belajar & Pembelajaran : Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana, 2017.

Sujatmiko, Eko. Kamus Teknologi Informasi Dan Komunikasi. Jakarta: Aksara Sinergi Media, 2012.

Susanto, Ahmad. Teori Belajar & Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana, 2015.

Wyckoff, Campbell D. Theory And Design of Christian Education Curriculum. Philadelphia: Westminster Press, 1961.

Yaumi, Muhammad. Media & Teknologi Pembelajaran, Media & Teknologi Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media Group, 2018.

Zabir, Azhari. Pengaruh Pemanfaatan Teknologi Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Siswa SMPN 1 Lanrisang Kabupaten Pinrang. Makasar: Universitas Negeri Makassar, 2018.

Published
2022-06-29
How to Cite
Rungkat, N. J., Boiliu, N. I., Rantung, D. A., & Rondo, P. E. (2022). Hubungan pembelajaran pendidikan agama Kristen dengan teknologi pendidikan. Te Deum (Jurnal Teologi Dan Pengembangan Pelayanan), 11(2), 279-297. https://doi.org/10.51828/td.v11i2.157